Wisata Murah di Jogja Ini Wajib Dicoba

Wisata Murah di Jogja Ini Wajib Dicoba

Wisata Murah di Jogja Ini Wajib Dicoba

Wisata Murah di Jogja Ini Wajib Dicoba – Terhitung sejak Maret 2020 pandemi berhasil melumpuhkan setiap kehidupan manusia, mulai dari himbauan bekerja, belajar, dan beribadah harus dilakukan di rumah. Tempat wisata yang biasanya ramai setiap weekend harus tutup total untuk menghindari kerumunan pengunjung. Sebagaimana himbauan pemerintah, berkerumun sama dengan mengundang virus corona datang.

Membicarakan corona memang tiada habisnya sehingga mending bikin rencana liburan after corona usai. Nah berikut tempat wisata murah daerah Jogja yang bikin pikiranmu kembali segar setelah adanya pandemi corona.

1. Ingin merasakan wisata bak benteng Takeshi Jepang? The Lost World Castle jawabannya

Harga tiket : Rp 25.000/orang

Lokasi : Dusun Petung, Desa Kepuharjo, Cangkringan, Sleman, Yogyakarta

Jam buka : 06.00 – 1800 WIB

Melansir dari https://aelminingservices.com/ nama destinasinya saja sudah bisa ditebak tempat ini seperti apa. The Lost World Castle menawarkan keindahan bangunan mirip Benteng Takeshi. Asal usul dari nama benteng ini sendiri untuk mengenang sebuah peristiwa kelam yaitu letusan gunung Merapi yang memusnahkan sebuah desa bernama desa Kuharjo. The lost world bermakna hilangnya desa tersebut dan castle bermakna kastil yang bangunannya di atas lokasinya.

Walaupun lokasi wisata berada dekat lereng gunung Merapi, antusis wisatawan tidak pernah surut karena setiap hari selalu saja ada yang datang hanya untuk sekadar berswa foto. Tempat yang menarik dan pastinya instagramable untuk menghiasi feed membuat The Lost World Castle banyak peminatnya seperti spot Paradise Gate, lukisan 3D, landmark dunia, dan objek kapal black pearl.

2. Penat dengan kerjaan dan kuliah ditambah pandemi yang tak kunjung usai, coba rasakan dingin dan segarnya Bukit Klangon

Harga tiket : Rp 25.000/orang

Lokasi : Kalitengah Lor, Glagaharjo, Cangkringan, Sleman, Yogyakarta

Jam buka : 24 Jam

Daerah yang berada pada kawasan dataran tinggi ini memiliki udara dingin dan sejuk, dengan pemandangan yang super mantap akan membuatmu sejenak rileks dan melupakan sumpeknya kerjaan. Jangan lupa jika datang ke bukit Klangon pakailah pakaian tebal jika tidak ingin kedinginan.

Kawasan bukit Klangon yang tinggi membuat para pengunjungnya bisa menikmati pemandangan Gunung Merapi dengan jelas. Selain itu hamparan kebun milik warga yang tumbuh subur dengan pepohonan yang rimbun akan memanjakan mata para pengunjungnya.

Berbagai macam kegiatan wisata dapat kalian lakukan, antaranya bersepeda pada arena downhill . Selanjutnya adalah kawasan untuk memanjakan pengunjung yang suka mendaki. Pendakian ini aman juga untuk anak-anak karena jarak tempuhnya yang singat dan medan yang tempuh juga tidak berbahaya.

Bukit Klangon juga menyediakan tempat berkemah yang cocok untuk pengunjungnya.

3. Cobalah foto aestetik ala penghuni istana, Tamansari Water Castle bisa untuk pilihan

Harga tiket : Rp 5.000 – Rp 10.000/orang

Lokasi : Jalan Tamanan, Patehan Kraton, Yogyakarta

Jam buka : 08.00 -14.00 WIB

Ingin merasakan wisata bak penghuni istana? Tamansari jawabannya. Pengunjung akan melihat bagunan unik dan aestethic.

Bangunan yang pembangunananya pada tahun 1758 – 1765 ini awalnya bernama “The Fragrant Garden”, memiliki luas lebih dari 10 hektar dan sekelilingnya sekitar 57 bangunan antaranya gedung, kolam pemandian, jembatan gantung, kanal air, danau, pulau buatan, hingga lorong bawah tanah. Sekali masuk ke Tamansari pengunjung akan melihat bangunan yang menyerupai bentuk kerajaan kuno, pemandangan inilah yang sebagai spot foto aestetik.

Bagian dalam Tamansari terbagi dari 4 kompleks, yang pertama danau buatan yang letaknya berada sebelah barat, lalu sebelah selatan danau buatan terdapat pemandian Umbul Binangunan, bagian selatan Umbul Binangunan terdapat Pasarean Ledok Sari dan Kolam Garjitawati, yang terakhir bagian timur pemandian Umbul Binangunan dan Kolam Garjitawati merupakan danau dengan pulau buatan serta jembatan gantung dan kanal.

Jika kalian berpikir lokasinya terdengar rumit sulit untuk mengjangkaunya maka kalian salah, keempat lokasi tersebut memiliki petunjuk arahnya masing-masing dan jika kalian berminat ada tour guide yang bisa menyewanya.

4. Jurang Tembelan Kanigoro bisa untuk referensi liburan setelah corona yang murah meriah

Harga tiket : Rp 2.500/orang

Lokasi : Dukuh Kanigoro, Mangunan, Bantul, Yogyakarta

Jam buka : 24 Jam

Jurang Tembelan tergolong tempat wisata baru namun pariwisata yang dalamnya memiliki potensi yang menjanjikan. Hal ini terbukti setiap weekend tempat wisata yang berada daerah Mangunan ini selalu ramai pengunjung wisatawan lokal.

Dengan harga tiket yang murah dan pemandangan yang tidak kalah dengan pariwisata lainnya, Jurang Tembelan memberikan spot foto instagramable buat kalian pecinta fotografi. Seperti spot sayap kupu-kupu dengan background berupa pohon-pohon rimbun yang membuat hasil foto kalian kece maksimal.

Lokasi yang masih jarang terjamah karena baru pembukaan membuat Jurang Tembelan masih asri baik suasana maupun sekitar alamnya. Jurang Tembelan mengandalkan keindahan alamnya sebagai daya tarik para pengunjung. Untuk kalian pecinta wisata alam, jangan lewatkan destinasi wisata ini ya!

5. Pahitnya kopi pinggir jalan dan romantisnya malam ke Malioboro setidaknya bisa melepas penatmu seharian

Harga tiket : Gratis (Bayar parkir aja)

Lokasi : Jalan Malioboro, Yogyakarta

Jam buka : 24 Jam

Tempat wisata ini sebagai andalan kota Yogyakarta karena katanya kalau belum ke Malioboro berarti belum ke Jogja. Malioboro yang letaknya strategis membuat pengunjung bisa kesana kemari mengunjungi tempat wisata lainnya seperti Museum Vandenberg, Taman Pintar, Keraton Yogyakarta, Masjid Agung, dan lain sebagainya.

Malioboro sebenarnya jalanan yang berguna untuk orang-orang berjualan dan berwisata baik pagi atau pun malam hari, destinasi ini juga tidak pernah sepi pengunjung apalagi ketika adanya event budaya.

Comments are closed.