Harus Anda Ketahui Ketika Traveling ke Luar Negeri

Harus Anda Ketahui Ketika Traveling ke Luar Negeri

Harus Anda Ketahui Ketika Traveling ke Luar Negeri

Harus Anda Ketahui Ketika Traveling ke Luar Negeri, – Urusan ‘ke belakang’ memang merupakan salah satu aktivitas alami manusia yang tidak bisa ditunda atau diatur kedatangannya. Karenanya, urusan toilet ini merupakan hal yang tidak bisa anda sepelekan, terutama saat traveling.

Toilet di tempat wisata terutama yang bukan negara asalmu pasti punya perbedaan dengan yang biasa anda gunakan. Ada baiknya anda mengetahui etika menggunakan toilet saat berada di negara-negara tersebut. Sehingga nantinya anda tidak kesulitan saat mesti melakukan urusan ‘ke belakang’ tersebut atau pun saat mencari toilet di negara tujuanmu.

Untuk itu, yuk simak hal yang mesti anda tahu tentang toilet di berbagai negara seperti dibawah ini.

Ketahui Istilahnya

6 Hal Tentang Toilet yang Harus Kamu Ketahui Ketika Traveling ke Luar Negeri (4)Ketika traveling ke berbagai negara, anda mesti mengetahui istilah lokal yang digunakan untuk menyebutkan toilet. Negara-negara Eropa seperti Prancis, Jerman, dan Belanda biasanya menggunakan istilah ‘water closet’ atau ‘WC’ dan ‘toilette’.
Sedangkan di Australia, mereka umumnya menyebut toilet dengan sebutan ‘dunny’. Apabila anda sedang berada di Inggris, carilah tempat bernama ‘loo’ atau ‘ben-jo’ bagi anda yang ingin mencari toilet di Jepang.

Toilet Umum Berbayar

6 Hal Tentang Toilet yang Harus Kamu Ketahui Ketika Traveling ke Luar Negeri (1)Membayar uang retribusi saat masuk ke toilet umum ternyata bukan hanya terjadi di Indonesia saja. Kota-kota di Eropa seperti London, Paris, dan Amsterdam ternyata memperlakukan peraturan yang sama. Uang ini nantinya akan digunakan untuk kebutuhan membeli tisu toilet atau biaya membersihkan toilet.

Satu hal yang mesti anda perhatikan saat menggunakan toilet umum di kota-kota Eropa adalah besaran uang yang dimasukkan ke dalam wadah tempat retribusi dikumpulkan.

Terkadang mereka dengan sengaja menaruh uang dengan pecahan besar ke dalamnya agar turis melakukan hal yang sama. Tapi jangan sampai terkecoh, anda cukup memasukkan pecahan kecil seperti 50 sen atau 1 dolar dalam bentuk mata uang lokal.

Toilet Jongkok

Di kawasan Asia, terutama Asia Tenggara, penggunaan toilet jongkok masih umum digunakan. Bahkan untuk memudahkan pengunjung, toilet umum di Malaysia, Singapura dan Thailand memberikan opsi kloset jongkok dan duduk.

Selain itu di Taiwan dan China, masih banyak tempat wisata yang hanya memberikan pilihan berupa kloset jongkok bagi pengunjungnya. Meski terasa agak menyulitkan bagi anda yang tidak terbiasa, tanpa anda sadari sebenarnya kloset jongkok ini bisa bermanfaat untuk kesehatan.

Bawa Tisu Toilet Sendiri

Saat jalan-jalan ke Korea atau China, jangan heran jika anda melihat pengunjung yang terbiasa membawa tisu toilet sendiri. Hal ini mereka lakukan karena sering kali toilet umum di tempat tersebut tidak menyediakan tisu toilet yang cukup.

Karenanya akan lebih baik jika saat traveling ke China dan Korea anda juga membawa tisu sendiri untuk berjaga-jaga saat ingin menggunakan toilet. Cukup bawa ukuran kecil yang dapat anda simpan di saku agar tidak membuat perjalananmu jadi repot.

Membuang Tisu Toilet ke Dalam Kakus

6 Hal Tentang Toilet yang Harus Kamu Ketahui Ketika Traveling ke Luar Negeri (2)Jika di toilet umum Indonesia kita terbiasa melihat tulisan buang tisu ke tempat sampah, maka lain halnya di Amerika. Di Amerika, kakus mereka dirancang untuk dapat ‘melahap’ semua sampah yang dibuang ke dalam lubang kloset.

Kakus di Indonesia tidak dirancang dengan fungsi serupa, sehingga jika anda membuang sampah tisu ke dalam lubang kloset, toilet tersebut bisa jadi mampet dan tidak dapat digunakan.

Sehingga anda akan jarang menemukan tempat sampah dalam bilik toilet. Cukup dibuang ke dalam lubang kakus dan tekan flush, sampah yang anda miliki akan lenyap tak berbekas.

Menggunakan Bidet

6 Hal Tentang Toilet yang Harus Kamu Ketahui Ketika Traveling ke Luar Negeri (3)Bidet menjadi salah satu pelengkap toilet yang umum digunakan. Bidet adalah mesin pembersih yang berguna untuk membersihkan kemaluan atau anus setelah menggunakan kloset. Umumnya di Indonesia, bidet ini sudah dibuat jadi satu dengan kloset, sehingga anda tinggal menekan tombol saja setelah menggunakan kloset.

Namun, di beberapa negara seperti Italia, Venezuela, Jepang, Argentina dan Portugal, bidetnya dibuat terpisah dengan bentuk mirip wastafel. Letaknya bisa saja berada berdampingan atau berseberangan dengan kloset.

Metode pembersihan dengan bidet ini dibuat bagi orang-orang yang tidak merasa cukup bersih apabila hanya membersihkan dengan tisu saja.

Comments are closed.