Tips Liburan ke Yogyakarta Saat New Normal

Tips Liburan ke Yogyakarta Saat New Normal

Tips Liburan ke Yogyakarta Saat New Normal

Tips Liburan ke Yogyakarta Saat New Normal – Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) tengah memfinalisasi persiapan sektor wisata, sebelum beroperasi kembali pada masa new normal.

Persiapan yang dilakukan meliputi sisi destinasi, fasilitas, dan terutama sistem protokol yang mengacu tiga prinsip utama: kesehatan, keselamatan, dan keamanan.

“Rencana minggu depan beberapa destinasi mulai melakukan simulasi, lalu evaluasi protokol dan SOP (standar operasional prosedur) kemudian uji coba pembukaan di minggu ketiga dan keempat Juni,” ujar Kepala Dinas Pariwisata DIY Singgih Rahardjo.

Sebagai salah satu tujuan favorit wisata di Indonesia, Yogyakarta mulai membuka pintu bagi wisatawan secara bertahap. Pembukaan keran pariwisata ini dilakukan setelah pemerintah mulai mencanangkan adaptasi kebiasaan baru alias new normal.

New normal di Yogyakartadiproyeksikan paling cepat bulan Juli 2020 usai masa tanggap darurat selesai. Sementara itu, Ketua Asosiasi biro perjalanan wisata atau ASITA Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Udi Sudiyanto mengatakan, untuk merumuskan paket wisata yang siap dijual pada masa new normal, pihaknya menunggu hasil rekomendasi daftar wisata yang paling siap dari Dinas Pariwisata DIY.

Udi menuturkan, ASITA akan membuat paket-paket wisata short packages menimbang kemampuan finasial wisatawan yang masih tahap pemulihan pasca pandemi. Misalnya paket wisata yang sebelumnya 4 hari 3 malam dibuat sehari saja sehingga lebih terjangkau.

Membawa surat sehat, hasil rapid test, atau hasil swab test

Surat sehat, surat hasil rapid test, atau surat hasil swab test merupakan syarat wajib kamu bawa jika ingin masuk ke Yogyakarta.

Surat sehat diperuntukkan bagi wisatawan yang datang dari wilayah zona hijau dan kuning, hasil rapid test dari zona merah dan hitam, dan surat hasil swab test bagi mereka yang datang dari luar negeri.

Namun, pemerintah setempat meminta masyarakat yang berasal dari zona merah atau hitam sebaiknya tidak masuk ke Yogyakarta dulu, paling tidak hingga Agustus 2020.

Wajib patuhi protokol pencegahan Covid-19

Wisatawan yang datang juga diwajibkan mematuhi seluruh protokol pencegahan Covid-19, seperti mengenakan masker, cuci tangan, jaga jarak, serta aturan lain yang diberlakukan.

Tidak datang secara rombongan

Sangat disarankan untuk solo traveling atau datang bersama keluarga inti saja. Pasalnya, Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta menyatakan belum dapat menerima wisatawan yang datang secara rombongan dari luar daerah.

Membawa hygiene kit

Hygiene kit bisa menjadi senjata dan wajib kamu bawa saat traveling. Isinya berupa hand sanitizer, disinfectan spray, tisu basah, tisu kering, dan sabun cair.

Jangan lupa membawa alat makan serta alat ibadah sendiri, supaya liburanmu semakin aman dan nyaman.

Pilih menggunakan kendaraan pribadi

Menjauhi transportasi umum dan memilih menggunakan kendaraan pribadi bisa menjadi keputusan yang tepat di masa pandemik seperti saat ini.

Menggunakan kendaraan pribadi tentu akan mengurangi kontak fisik dengan orang lain. Jika terpaksa menggunakan transportasi umum, usahakan terus mengenakan masker dan berhati-hati saat menyentuh apa pun.

Comments are closed.