7 Manfaat Kesehatan Jalan Santai di Sekitar Rumah

7 Manfaat Kesehatan Jalan Santai di Sekitar Rumah

7 Manfaat Kesehatan Jalan Santai di Sekitar Rumah

7 Manfaat Kesehatan Jalan Santai di Sekitar Rumah – Di Indonesia, berjalan kaki bukan suatu kebiasaan yang umum dilakukan. Untuk menuju ke suatu tempat, orang Indonesia lebih suka mengendarai kendaraan pribadi dibanding dengan berjalan kaki.

Berbeda dengan orang Australia yang terbiasa berjalan kaki 9.695 langkah per hari atau orang Jepang yang berjalan kaki 7.168 langkah per hari.

Padahal, ada segudang manfaat kesehatan yang bisa didapatkan dari berjalan kaki santai.

1. Berjalan kaki bisa membakar kalori pada tubuh

Tak hanya jogging yang bisa dilakukan untuk membakar kalori pada tubuh. Berjalan kaki santai pun bisa! Selain bisa menurunkan berat badan, berjalan kaki rutin juga bisa membantu untuk menjaga berat badan agar tetap ideal. Bisa dicoba, tuh!

Pembakaran kalori saat berjalan kaki bergantung pada beberapa faktor, di antaranya perhatikan kecepatan berjalan, jarak yang ditempuh, jenis medan (jalan menanjak lebih membakar kalori dibanding jalan yang rata dan datar) dan bergantung pula dari berat badan kita, ungkap laman Health Line.

2. Membantu menurunkan kadar gula darah

Jika kamu merasakan kantuk yang luar biasa setelah makan, pertimbangkan untuk jalan kaki singkat. Ini karena berjalan kaki setelah makan dapat menurunkan kadar gula darah pada tubuh. Setidaknya, coba berjalan kaki 15 menit setelah makan, lakukan setidaknya tiga kali dalam sehari, saran laman Health Line.

3. Bisa meningkatkan sistem imun

Tak hanya itu, berjalan kaki juga bisa meningkatkan sistem imun tubuh. Termasuk, mengurangi risiko untuk terkena flu. Studi yang melibatkan 1.000 partisipan membuktikan bahwa orang dewasa yang berjalan dengan kecepatan sedang selama 30-45 menit dalam sehari dapat mengurangi risiko sakit flu hingga 43 persen, jelas laman Health Line.

Jadi, daripada menggunakan motor untuk pergi ke minimarket terdekat, lebih baik berjalan kaki saja.  Yang terpenting, jangan lupa gerakkan tubuhmu!

4. Dapat memperbaiki suasana hati

Yakni dapat memperbaiki mood atau suasana hati! Faktanya, hasil penelitian menunjukkan bahwa berjalan kaki dapat membantu mengurangi kecemasan, depresi dan suasana hati yang negatif, ungkap laman Health Line.

Endorfin juga bisa memicu perasaan positif. What are you waiting for? Just take a walk!

5. Bisa mengurangi risiko penyakit jantung koroner

Berjalan kaki baik bagi kesehatan jantung. Jika kita menyempatkan berjalan kaki 30 menit sehari, selama lima hari dalam seminggu, maka akan mengurangi risiko penyakit jantung koroner hingga 19 persen. Dan akan terus berkurang jika kita berjalan lebih jauh dengan durasi yang lebih lama, saran laman Health Line.

Selain itu, berjalan kaki juga bisa menormalkan detak jantung dan meningkatkan efisiensi jantung dalam memompa darah ke seluruh tubuh, ungkap laman New York Times. Jadi, masih meragukan manfaat berjalan kaki?

6. Dapat memperkuat persendian

Lebih lanjut, rupanya berjalan kaki bisa memperkuat persendian! Selain dapat membantu melindungi persendian, termasuk lutut dan pinggul, berjalan kaki juga membantu melumasi dan memperkuat otot-otot yang mendukung sendi, jelas laman Health Line.

Setidaknya, coba berjalan kaki 5-6 mil per minggu untuk mencegah radang sendi terbentuk. Ini bisa menghindarkan kita dari osteoartritis!

7. Bikin kita panjang umur? Serius?

Percayakah kamu bahwa berjalan kaki bisa membuat kita lebih panjang umur. Penelitian menunjukkan bahwa berjalan dengan kecepatan rata-rata membuat risiko kematian turun hingga 20 persen.

Sementara, jika kita memilih untuk berjalan cepat, risiko kematian bisa turun hingga 24 persen.

Lebih jauh, studi ini mengamati hubungan antara berjalan kaki dengan faktor-faktor penyebab kematian, seperti penyakit kardiovaskular atau kematian akibat kanker.

Comments are closed.